Kamis, 03 Maret 2011

KOMUNIKASI DAN KEHIDUPAN MANUSIA

v KOMUNIKASI DAN KEHIDUPAN MANUSIA
·         Komunikasi adalah prasyarat kehidupan manusia
·         Tindakan komunikasi dapat dilakukan dengan berbagai cara, baik secara  verbal (kata-kata/tulisan), maupun nonverbal (tidak dalam bentuk kata-kata. Misalnya: gesture, sikap, tingkah laku, gambar dan berbagai bentuk tanda lainnya yang mengandung arti)
·         Tindakan komunikasi dapat dilakukan secara langsung dan tidak langsung
·        Secara langsung                         : Berbicara tatap muka, melalui telepon,        mengirim surat/email,fax.
·         Secara tidak langsung               :  Tindakan komunikasi yang dilakukan melalui perantara. Misalnya ; Media, surat kabar, majalah, radio, TV
·         Komunikasi merupakan salah satu fungsi vital dari kehidupan manusia.

·         Fungsi komunikasi dalam kehidupan manusia. Menyangkut banyak aspek :
ü  Melalui komunikasi seseorang menyampaikan apa yang ada dalam benak pikirannya kepada orang lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung
ü  Melalui komunikasi seseorang dapat menambah pengetahuan dan mengubah sikap serta perilaku kebiasaanya
ü  Komunikasi banyak mempunyai kegunaan, tetapi merupakan urat nadi kehidupan manusia
ü  Komunikasi merupakan ciri ekstensi kehidupan manusia

·         Contoh peristiwa komunikasi :
1.      Seorang bayi menangis ditengah malam, ia baru berhenti menangis setelah disusui oleh ibunya.
2.      Seorang pengendara nobil ditilang oleh polisi. Karena ia melanggar aturan rambu-rambu lalu lintas.

·         Definisi komunikasi :
§  Komunikasi adalah proses dimana individu-individu menggunakan simbol untuk menciptakan dan menginterpresentasikan makna dalam lingkungan mereka.
§  Lima istilah kunci dalam mendefinisikan komunikasi :
1.      Sosial
2.      Proses
3.      Simbol
4.      Makna
5.      Lingkungan
§  Menginterpresentasikan komunikasi secara sosial. Bahwa komunikasi selalu melibatkan manusia secara interaksi
§  Menginterpresentasikan komunikasi secara proses. Hal ini berarti komunikasi bersifat berkesinambungan dan tidak memiliki akhir.
§  Komunikasi adalah simbol
§  Komunikasi adalah makna
§  Komunikasi adalah sebagai (enviroment) adalah situasi/konteks dimana komunikasi terjadi.

·         Lingkungan terdiri dari beberapa element :
§  Waktu
§  Tempat
§  Periode
§  Sejarah
§  Relasi
§  Latar belakang budaya pembicara dan pendengar

·         Claude Shannon mendeskripsikan komunikasi sebagai proses yang linear.
·         4 jenis gangguan (noise) dalam komunikasi :
1.      Gangguan semantik, yang berhubungan dengan slang, jargon/bahasa-bahasa spesialisasi yang digunakan secara perseorangan dan kelompok.
2.      Gangguan fisik (eksternal), berada diluar penerima.
3.      Gangguan psikologis, merujuk pada prasangka, bias dan kecenderungan yang dimiliki oleh komunikator terhadap satu sama lain/terhadap pesan itu sendiri.
4.      Gangguan fisiologis adalah gangguan yang bersifat biologis terhadap proses komunikasi. Gangguan semacam ini akan muncul apabila anda sebagai pembicara sedang sakit, lelah/lapar.

v SEJARAH PERKEMBANGAN KOMUNIKASI
                     I.            Era komunikasi tulisan :
§  4000SM bangsa Sumeria menulis dalam lembaran tanah liat
§  Tahun 1041 Pi Sheng, di Cina menemukan sejenis alat cetak buku yang sederhana.
§  Tahun 1241 tulisan dalam lembaran tanah liat diganti oleh tulisan dalam lembaran metal di Korea.
                  II.            Era komunikasi cetakan :
§  Tahun 1456, Gutenberg menemukan alat mesin cetak (metal) Hand-Press
§  Tahun 1833, Penerbitan surat kabar Penny Press yang pertama, The New York Sun.
§  Tahun 1839, Daguerre menemukan metode fotografi yang praktis untuk surat kabar
               III.            Era telekomunikasi :
§  Tahun 1844, Samuel Morse mengirimkan pesan melalui alat telegraph yang pertama.
§  Tahun 1876, Alexander Graham Ben mengirimkan pesan melalui pesan telepon yang pertama.
§  Tahun 1895, Guglielmo Marconi mengirimkan pesan melalui radio.
§  Tahun 1912, Lee de Forest menemukan Vacuum Tube
§  Tahun 1912, Siaran radio pertama oleh KDKA di Pittsburgh, Amerika Serikat.
§  Tahun 1933, RCA di Amerika Serikat mendemostrasikan TV
§  Tahun 1941, siran tv komersial pertama
                IV.            Era komunikasi interaktif
§  Tahun 1946, penemuan Mainframe Computer, ENIAC dengan 18.000 vacuum tubes oleh Univ. Pennsylvania, AS
§  Tahun 1947, William Shockley, John Bardeen dan Walter Brattain menemukan pesawat radio transistor
§  Tahun 1956, penemuan video tape oleh perusahaan Ampex, Redwood City, California AS
§  Tahun 1957, rusia meluncurkan satelit angkasa luar pertama, SPUTNIK
§  Tahun 1969, pesawat luar angkasa Nasa berpenumpang manusia mendarat di bulan, dikendalikan oleh mini komputer yang besarnya 3000x lebih kecil dari ENIAC
§  Tahun 1971, penemuan Microprocessor, sebuah unit pengendali komputer (CPU) dengan semi konduktor chip oleh Ted Hoff
§  Tahun1975, pemasaran microcomputer pertama, Altair 8800
§  Tahun 1975, (Home Box Office) mulai menyiarkan siaran TV kabel melalui satelit
§  Tahun 1976, sistem feletext pertama diperkenalkan oleh BBC dan IN di Inggris.
§  Tahun 1977, Qube sistem TV kabel interaktif pertama diperkenalkan di Colombus, Ohio, A.S.
§  Tahun 1979, sistem video text pertama diperkenalkan oleh British Post Office, Inggris.

v SEJARAH PERKEMBANGAN ILMU KOMUNIKASI
Dibagi menjadi 4 periode :
1.      Periode pertama, periode-periode tradisi retorika yang dimulai sejak zaman Yunani Kuno.
2.      Kedua, periode antara tahun 1900 sampai PD II yang dapat disebut sebagai periode pertumbuhan ilmu komunikasi.
3.      Ketiga, periode konsolidasi.
4.      Keempat, adalah periode tekhnologi komunikasi yang dimulai tahun 1960-an sampai sekarang.

A.    Periode tradisi Retorika
Pengertian “Retorika” menurut Aristotle, menunjukkan segala upaya yang bertujuan untuk persuasi yang mencangkup 3 unsur, yakni :
§  Ethos (Kredibilitas sumber)
§  Pathos (Hal yang menyangkut emosi/perasaan)
§  Logos (hal yang menyangkut fakta)
·         Menurut Aristotle upaya persuasi menuntut 3 faktor :
1.      Kredibilitas dari perilaku komunikasi yang melakukan kegiatan persuasi
2.      Kemampuan untuk merangsang emosi/perasaan dari pihak yang menjadi sasaran
3.      Kemampuan untuk mengungkapkan fakta-fakta yang mendukung (logika)

·         Pokok-pokok pikiran Aristotle ini kemudian dikembangkan oleh Cicero dan Quantilian. Mereka menyusun aturan retorika yang meliputi 5 unsur:
1.      Ivento (urutan argumentasi)
2.      Dispositio (pengaturan ide)
3.      Eloquito (gaya bahasa)
4.      Memoria (ingatan)
5.      Pronunciaciation (cara penyampaian pesan)

·         Prinsip-prinsip yang dikemukakan oleh Aristotle, Cicero dan Quantilian  ini kemudian menjadi dasar bagi bidang kajian speech communication (komuikasi ujaran) dan rhetoric.

·         Pengertian Retorika  adalah menunjukkan pada kemampuan manusia menggunakan lambang-lambang untuk berkomunikasi satu sama lainnya.

B.     Periode Pertumbuhan: 1900 – Perang Dunia II
·         Periode komunikasi sebagai salah satu disiplin ilmu sosial barang kali dapat dikatakan dimulai pada awal abad ke-19.
·         Sedikitnya ada dua perkembangan penting yang terjadi pada masa ini :
§  Pertama, adalah penemuan-penemuan tekhnologi komunikasi seperti telepon, telegrap, radio, TV.
§  Kedua, pecahnya perang dunia I dan II, proses industrialisasi dan modernisasi yang terjadi di negara-negara Eropa Barat dan Amerika.
Semua perubahan ini memberi bentuk dan arah kepada bidang kajian ilmu komunikasi yang terjadi di masa ini.
·         Secara umum bidang-bidang studi komunikasi yang berkembang pada periode ini meliputi :
§  Hubungan komunikasi dengan institusi dan masalah-masalah politis kenegaraan
§  Peranan komunikasi dalam kehidupan sosial
§  Analisis psikologi sosial komunikasi
§  Komunikasi dan pendidikan
§  Propaganda
§  Penelitian komunikasi komersia

C.    Periode Konsolidasi: PD II – 1960-an
·         Periode setelah Perang Dunia II samapi tahun 1960-an disebut sebagai periode konsolidasi (Delia, dalam Berger dan Chaffee, 1987)

·         Tujuh pokok yang punya andil besar dalam periode ini :
1.      Claude E. Shannon
2.      Norbert Wiener
3.      Harold Lasswell (ahli ilmu politik)
4.      Kurt Lewin (ahli psikologi sosial)
5.      Carl I. Hovland (ahli psikologi sosial)
6.      Paul F. Lazarsfeld (ahli sosiologi)
7.      Wilbur Schramm (the founding fathers, para pendiri atau perintis ilmu komunikasi)

·         Institute of Communication Research yang didirikan Schramm di illinois pada tahun 1947, merupakan Lembaga Pendidikan Ilmu Komunikasi yang pertama di Amerika Serikat.

·         Cakupan bidang studi komunikasi mulai diperjelas dan dibagi dalam 4 bidang tataran :
1.      Komunikasi Intrapribadi
2.      Komunikasi antarpribadi
3.      Komunikasi kelompok dan organisasi
4.      Komunikasi macro-sosial serta komunikasi massa

D.    Periode Tekhnologi Komunikasi: 1960-an – Sekarang
·         Menurut Rogers (1986) perkembangan studi komunikasi sebagai suatu disiplin telah mulai memasuki periode take off  (tinggal landas) sejak tahun 1950.
·         Periode tekhnologi komunikasi dan informasi yang telah ditandai oleh beberapa faktor :
1.      Kemajuan tekhnologi komunikasi dan informasi seperti komputer, VCR, TV Cable parabola, video home computers, satelit komunikasi, teleprinter, videotext, laser vision, dan alat-alat komunikasi jarak jauh lainnya
2.      Tumbuhnya industri media yang nampaknya tidak hanya bersifat nasional tetapi juga regional dan global
3.      Ketergantungan terhadap situasi ekonomi dan politik global/internasional khususnya dalam konteks center periphery.
4.      Semakin gencarnya kegiatan pembangunan ekonomi di seluruh negara
5.      Semakin meluasnya proses demokratisasi (liberalisasi) ekonomi dan politik

·         Sebagai akibat studi-studi komunikasi yang banyak dilakukan cenderung difokuskan pada proses dan dampak sosial penggunaan tekhnologi media komunikasi, arus penyebaran dan pemusatan informasi regional dan global, aspek-aspek politik dan ekonomi informasi, kompetisi antar industri media, dampak sosial dari tekhnologi interaktif seperti komputer, komunikasi manusia mesin, dampak telekomunikasi terhadap hubungan antarbudaya, serta aspek-aspek yang menyangkut manajemen informasi.

v PROSES KOMUNIKASI
·         Komunikasi adalah suatu  proses pembentukan, penyampaian, penerimaan dan pengolahan pesan yang terjadi dalam diri seseorang dan atau diantara dua orang atau lebih dengan tujuan tertentu.
·         4 elemen atau komponen dalam proses komunikasi secara Linear :
1.      Sumber/pengiriman pesan/komunikator, yakni seseorang atau sekelompok orang atau organisasi/institusi yang mengambil inisiatif menyampaikan pesan.
2.      Pesan, berupa lambang atau tanda seperti kata-kata tertulis atau secara lisan,gambar,angka,gestura.
3.      Saluran, yakni sesuatu yang dipakai sebagai alat penyampaian atau pengiriman pesan
4.      Penerimaan/komunikasi, yakni seseorang atau sekelompok orang/organisasi/institusi yang menjadi sasaran penerimaan pesan.
Ke-empat elemen tersebut lazim disebut sebagai model S-M-C-R atau source-message-channel-receiver

·         Tiga elemen penting yang lainnya, yang juga penting dalam proses komunikasi yakni :
1.      Akibat/dampak/hasil yang terjadi pada pihak penerima/komunikan
2.      Umpan balik/feedback, yakni tanggapapan balik dari pihak penerima/ komunikan atau pesan yang diterimanya.
3.      Noise (gangguan, yakni faktor-faktor fisik ataupun psikologis yang dapat mengganggu atau menghambat kelancaran proses komunikasi)

·         Berdasarkan tingkat pertisipasi dari para pelaku yang terlibat, proses komunikasi dapt dibagi dalam dua jenis atau bentuk :
1.      Komunikasi satu arah (one way communication)
Adalah suatu bentuk proses komunikasi diamana yang aktif terlibat hanyalah pihak sumber.
2.      Komunikasi dua arah (two way communication)
Sumber dan penerima masing-masing terlibat aktif dalam penyampaian pesan dan umpan-balik.

v TINGKATAN PROSES KOMUNIKASI
·         Kegiatan/proses komunikasi dalam masyarakat dapat berlangsung dalam 6 tingkatan :
1.      Komunikasi intra-pribadi (intra-personal communication)
2.      Komunikasi antar-pribadi
3.      Komunikasi dalam kelompok
4.      Komunikasi antar kelompok/asosiasi
5.      Komunikasi organisasi
6.      Komunikasi dengan masyarakat secara luas

v TUJUAN DAN AKIBAT KOMUNIKASI
Tujuan komunikasi dari
sudut kepentingan sumber
Tujuan komunikasi dari
Sudut kepentingan penerima
·      Memberikan informasi
·        Memahami informasi
·      Mendidik
·        Mempelajari
·      Menyenangkan/menghibur
·        Menikmati
·      Menganjurkan suatu tindakan/ persuasi
·        Menerima/menolak anjuran

·         Berdasarkan pandangan Lasswell, tujuan komunikasi dapat dijabarkan sebagi berikut :
No.
Tujuan komunikasi dipandang
Dari kepentingan sosial
Tujuan komunikasi dipandang
Dari kepentingan individual
1.
Berbagai pengetahuan umum dan
Lingkungan sekitarnya
Menguji, mempelajari dan
memperoleh gambaran tentang
realitas
2.
Sosialisasi peran, nilai, kebiasaan terhadap anggota-anggota baru
Memperoleh keterampilan dan
pengetahuan untuk hidup
bermasyarakat
3.
Memberi hiburan kepada warga
Masyarakat, menciptakan bentuk-bentuk kesenian baru
Menikmati hiburan, rileks, melarikan diri dari kesulitan hidup sehari-hari
4.
Pencapaian konsensus, mengontrol
Tingkah laku sosial
Menentukan keputusan/pilihan,
bertindak sesuai aturan sosial

·         Secara umum akibat atau hasil komunikasi mencngkup 3 aspek, yaitu:
1.      Aspek kognitif
Manyangkut kesadaran dan pengetahuan
Misalnya : menjadi sadar atau ingat, menjadi tahu dan kenal
2.      Aspek afektif
Meyangkut sikap atau perasaan/emosi
Misalnya : sikap setuju/tidak setuju perasaan sedih, gembira, perasaan benci, dan menyukai
3.      Aspek konatif
Menyangkut perilaku/tindakan
Misalnya : berbuat seperti apa yang disarankan, atau berbuat sesuatu tidak seperti apa yang disarankan (menentang)

·         Terdapat banyak model yang menjelaskan tentang hal-hal yang dapat dijadikan sebagai indikator dari akibat komunikasi yang terjadi pada pihak penerima untuk setiap aspek (kognitif, afektif, dan konatif). Tiga diantaranya yang cukup populer yaitu:
1.      Model AIDA (singkatan dari attention, interest, desire, dan action)
model ini memberikan gambaran bahwa dampak atau hasil komunikasi yang terjadi pada seseorang setelah ia menerima sesuatu pesan akan menyangkut empat hal, yakni: perhatian (attention), minat (interest), keinginan (desire), dan tindakan (action).
2.      Model Hierarki Efek
proses pertahapannya lebih kompleks yakni mencangkup 6 tahap , yaitu: menyadari, mengetahui, menyukai, memilih, meyakini dan membeli.
3.      Model Adopsi Inovasi
model adopsi inovasi dikembangkan oleh Everett M. Rogers (1983). Inovasi adalah suatu ide/gagasan, praktik atau benda yang dinilai baru oleh seseorang. Kelima tahap tersebut adalah: tahap pengetahuan, tahap persuasi, tahap keputusan, tahap pelaksanaan, dan tahap konfirmasi.

v PENGERTIAN DAN FUNGSI MODEL
·         Model merupakan representasi dari suatu peristiwa komunikasi
·         Menurut Dennis Mc Quail dan Windahl dapt dibagi menjadi 5 kelompok :
1.      Kelompok pertama, Model-model dasar
2.      Kelompok kedua, Model pengaruh personal, penyebaran dan dampak komunikasi massa terhadap seseorang
3.      Kelompok ketiga, Meliputi model-model efek komunikasi massa terhadap kebudayaan dan masyarakat
4.      Kelompok empat, Berisikan model-model yang memusatkan perhatian pada khalayak
5.      Kelompok lima, model-model komunikasi tentang sistem produksi, seleksi dan alur media massa

v MODEL DASAR KOMUNIKASI
A.    Model komunikasi Dean C. Barnlund
·         Ia membuat dua model komunikasi, yaitu :
1.      Model komunikasi Intra-Pribadi
Adalah komunikasi yang terjadi dalam diri seseorang
2.      Model komunikasi Antar-Pribadi
Pola dan bentuk komunikasi yang terjadi antara dua orang/lebih yang dipengaruhi oleh hasil proses komunikasi intra-pribadi yang terjadi dalam dirinya masing-masing.

B.     Model Laswell
·         Adalah seorang ilmuan politik yang juga tertarik mendalami komunikasi. Bidang studi yang ditekuninya terutama yang menyangkut propaganda dan komunikasi politik.
·         Propaganda adalah usaha yang secara sistematis untuk menanamkan pandangan, sentimen atau nilai-nilai pada orang lain atas dasar sugesti.

·         Komponen dalam kegiatan propaganda :
1.      Dalam propaganda selalu ada pihak yang dengan sengaja melakukan proses penyebaran pesan untuk mengubah sikap dan perilaku sasaran propaganda.
2.      Ada proses penyampaian ide, gagasan, kepercayaan, bahkan doktrin.

·         Aktivitas yang sering ditemui adalah bidang komersial yang disebut advertising.
§  In which channel (mengatakan apa)
§  To whom (kepada siapa)
§  With what effect (dengan akibat apa)

C.     Model komunikasi dari Osgood dan Shramm
·         Model proses komunikasi yang digambarkan oleh Ogood dan Schramm ini terutama berlaku untuk bentuk-bentuk komunikasi antar-pribadi.
Misalnya : telepon, surat, percakapan langsung tatap muka.

D.    Model komunikasi Shanon dan Weaver
·         Ketujuh komponen komunikasi, yaitu :
1.      Information source (sumber informasi)
2.      Message (pesan)
3.      Transmitter (alat/saluran penyampaian)
4.      Signal (tanda,sinyal)
5.      Receiver (penerima)
6.      Destination (sasaran atau tujuan)
7.      Noise source (sumber gangguan)

E.     Model komunikasi Defleur
·         Pada dasarnya model ini pengembangan dari model komunikasi yang dibuat oleh Shanon dan Weaver. Model Deffleur ini cocok untuk menggambarkan proses komunikasi melalui media massa.

·         8 proses tercakup :
1.      Source
2.      Transmitter
3.      Channel
4.      Receiver
5.      Desination
6.      Noise
7.      Mass medium device (sarana medium massa)
8.      Feddback (sarana penyampian umpan balik)

v MODEL-MODEL PENGARUH KOMUNIKASI
A.    Model stimulus-response
·         Model ini berpandangan bahwa media massa mempunyai pengaruh langsung kepada khalayak. Isi media massa diibaratkam sebagai jarum yang disuntikkan ke tubuh khalayak sehingga menghasilkan pengaruh yang sesuai dengan isinya. Asumsi mengenai kekuatan dari pengaruh media massa ini didasarkan atas pemikiran bahwa masyarakat dalam menerima pesan dari media massa dianggap tidak bertindak dan bersikap pasif.

B.     Model Pengaruh Psikologis TV dari Comstock
·         Secara khusus mengungkapkan tentang pengaruh televisi (TV) terhadap tingkah laku seseorang.
·         TV tidak hanya dipandang mampu mengajarkan tingkah laku, tetapi juga mampu bertindak sebagai stimulus untuk membangkitkan tingkah laku yang telah dipelajari dari sumber-sumber lain.
·         Proposisi utama dari model ini, adalah gambaran mengenai tingkah laku yang disampaikan TV akan mendorong khalayak untuk cenderung mempelajarinya.

C.     Model Komunikasi Dua Tahap
·         Model dari Katz dan Lazarsfeld disebut dengan two step flow model of communication, menjelaskan tentang proses pengaruh penyebaran informasi melalui media massa kepada khalayak.
·         Penyebaran dan pengaruh informasi yang disampaikan melalui media massa kepada khalayaknya tidak terjadi secara langsung, melainkan melalui perantara yakni sekelompok orang yang termasuk pemuka pendapat.

·         Proses pengaruh pengaruh penyebaran informasi melalui media massa terjadi dua tahap, yaitu:
1.      Informasi mengalir melalui media massa ke para pemuka pendapat
2.      Dari pemuka pendapat kesejumlah orang yang menjadi pengikutnya

·         Asumsi-asumsi yang melatarbelakangi model kedua komunikasi kedua tahap
Ini adalah sebagai berikut:
1.      Warga masyarakat pada dasarnya tidak hidup secara terisolasi
2.      Tanggapan dan reaksi terhadap pesan-pesan media massa tidak terjadi secara langsung dan segera
3.      Para pemuka pendapat umumnya merupakan sekelompok orang yang aktif menggunakan media massa

D.    Model Spiral Keheningan
·         Model spiral keheningan dikemukakan oleh Elisabeth Noelle Neumann (1974), menjelaskan tentang dampak penyebaran informasi melalui media massa.
·         Menurut model ini, Besar kecilnya pengaruh media massa tergantung pada reaksi media massa, komunikasi antarpribadi, dan persepsi seseorang mengenai pendapat dirinya dikaitkan dengan pendapat orang lain yang ada di lingkungan sekitarnya.







                                                                                        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar